Wednesday, August 17, 2016

Compile and Run File .Java in Terminal

Hallo Semuanya, kali ini artikel yang saya buat ini sangat sederhana tetapi mungkin pengguna linux baru belum pernah mencobanya :)) , yaitu Cara mengcompile dan Menjalankan file .java di terminal.

oke langsung saja, saya menggunakan code sederhana Java, dengan nama file hallo.java dan saya menyimpannya di Directory /Desktop.

 Setelah saya simpan, kemudian saya menuju ke Directory /Desktop.

Dengan Perinatah :
cd /Desktop
Dan disana terdapat file hallo.java 
Untuk MengCompile File java tersebut kita perlu menuliskan perintah berikut.
javac namafile.java
sesudah compile, kita akan menemukan error atau tidaknya,
disini saya contohkan file .java yang error ketika diCompile.


Sesudah diCompile dan tidak terjadi error, sekarang kita coba untuk menjalankannya.
Dengan perintah berikut.
java namafile
note : ketika menjalankan tidak usah menggunakan eksitensi .java 


Sekian. :))
Share:

0 komentar:

Post a Comment

translate This Blog

Donate us


Powered by Blogger.